Review buku 5cm karya Donny Dhirgantoro

“Cuma kaki yang akan berjalan lebih jauh dari biasanya, tangan yang akan berbuat lebih banyak dari biasanya, mata yang akan menatap lebih lama dari biasanya, leher yang akan lebih sering melihat ke atas”

Yup, siapa sih yang nggak tau kutipan itu? kutipan tersebut hanyalah satu dari sekian banyaknya kutipan yang menggugah sanubari di novel karya Donny Dhirgantoro ini. Kali ini gue bakal mereview novel yang sempat menjadi national best seller ini.

Pertama, dari segi gaya bahasa, penulis memposisikan diri sebagai orang ketiga dan membuat semua tokohnya berbicara, hal ini dapat terlihat dari banyaknya tanda (“..”) dari awal sampai akhir novel. Selain dialog antar tokoh, ada juga dialog berbicara kepada diri sendiri.

Yang kedua,  dari segi detail, menurut gue, novel ini terlalu mendetail dan detailnya pun berberapa agak tidak penting seperti kutipan lirik lagu yang  terdapat di halaman 16, 35 , dan 45 yang menurut gue agak tidak penting untuk ditulis,percakapan fiksi antara Ian dan komputernya pada halaman 109 yang agak bertele-tele, dan lain-lain.

Biarpun begitu, ada detail yang ditambahkan untuk membantu pembaca memahami kata tertentu seperti pada bagian rehumanize halaman 205.

Secara pribadi gue menyukai novel ini karena menggambarkan secara detail perjalanan yang mereka lalui. Mulai dari di stasiun, beristirahat di Ranu Kumbolo, saat mereka di Arcopoda, sampai akhirnya mereka sampai di puncak Mahameru. Dan personally , novel inilah yang membuat gue jatuh cinta kepada Bromo dan bercita-cita untuk kesana.

Lalu yang terakhir, gue suka banget novel ini karena ada unsur filsafat di dalamnya dan gue tertarik dengan hal-hal yang berbau filsafat, Seperti pada percakapan Genta dan Zafran pada halaman 157 tentang tulisannya Plato yaitu Republic . Dan quotes di akhir novel yang sempat membuat bulu kuduk saya merinding karena mendapat pelajaran hidup.

Demikianlah review gue kali ini. Terlebih kekurangan dan kelebihan buku ini, tapi tetap worth it kok uuk dibaca.

download

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s